Bisa Basi

Emiten Makanan Olahan (BEEF) Siap Sebar Saham Bonus, Catat Jadwalnya

Jakarta, Lantaibursa.id – PT Estetika Tata Tiara Tbk (BEEF), miten yang bergerak di bidang makanan olahan, berencana membagikan saham bonus kepada investor setianya. Rencana aksi korporasi ini telah disetujui dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang digelar pada tanggal 17 September 2024.

Sekretaris Perusahaan BEEF, Ratna Sari menuturkan, total nilai saham bonus yang disetujui dalam RUPS yakni sebesar Rp154.60.172. Nilai Nominal yang digunakan sebagai dasar kapitalisasi saham bonus Rp10.518.931.696.

“Rasio saham bonus yang akan dibagikan kali ini adalah lima ratus banding sebelas (500:11),” katanya.

Ia menegaskan bahwa diterimanya saham bonus yang berasal dari kapitalisasi Tambahan Modal Disetor (agio saham) tidak mengubah nilai total penyertaan saham atau harga total perolehan saham, tetapi menurunkan nilai atau harga historis perolehan per unit saham-saham tersebut karena adanya kenaikan jumlah saham tanpa penyetoran. Penjualan Saham Bonus tersebut akan dikenai pajak penghasilan pada saat penjualan saham melalui Bursa Efek Indonesi (BEI).

Patut dicatat oleh investor, akhir periode perdagangan dengan hak atas saham bonus (Cum Bonus) di Pasar Reguler dan Negosiasi pada 25 September 2024, sedangkan di Pasar Tunai pada 27 September 2024.

Sementara, mulai periode perdagangan dengan tanpa hak atas saham bonus (Ex Bonus) di Pasar Reguler dan Negosiasi pada 26 September, dan di Pasar Tunai pada 30 September 2024.

Tanggal pelaksanaan pendistribusian saham bonus kepada pemegang saham pada 17 Oktober 2024, dan Jumlah penyesuaian jumlah saham pada catatan di BEI juga pada 17 Oktober 2024.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top