Jakarta, bisabasi.id – PT Maxindo Karya Anugerah Tbk (MAXI) Perseroan memiliki rencana strategis untuk memasuki pasar Jepang sebagai bagian dari upaya diferensiasi produk dan ekspansi pasar internasional.
Guna merealisasikan rencana tersebut, emiten produsen makanan ringan ini telah memiliki strategi difensiasi produk untuk menyesuaikan dengan pasar di Jepang diantaranya yakni adaptasi produk yang dapat menyesuaikan rasa dan tekstur produk dengan preferensi konsumen di Jepang, kemudian pengemasan inovatif.
Corporate Secretary PT Maxindo Karya Anugerah Tbk Carolina Renata Djaja mengungkapkan, alasan perseroan memilih Jepang sebagai target pasar didasarkan pada beberapa faktor.
“Pertama, potensi pasar di Jepang sangat menjanjikan dengan konsumen yang memiliki daya beli. Kedua, tren makanan sehat di Jepang mengalami peningkatan. Dan terakhir, standar kualitas yang tinggi akan meningkatkan reputasi produk yang dimiliki,” ungkapnya dalam keterangan tertulis. (16/7).
Lebih lanjut, MAXI menargetkan untuk bisa masuk ke jaringan supermarket premium dan toko khusus makanan sehat dan mengeksplorasi peluang di sektor foodservice termasuk restoran dan kafe. Hal ini merupakan saluran distribusi yang dilakukan MAXI untuk bisa diterima di Negara Matahari Terbit.
“Untuk di Jepang, perusahaan akan menjalin kemitraan dengan distributor lokal yang telah memahami pasar disana. Dan saat ini, untuk distribusi di Jepang manajemen telah melakukan pengiriman produknya yang ke-4 kalinya,” pungkas Carolina. Merujuk dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), perseroan tidak menjelaskan secara detail berapa besar target penjualan untuk pasar di Jepang.