Bisa Basi

Jababeka (KIJA) Targetkan Marketing Sales Rp2,5 Triliun pada 2024

Jakarta, Bisabasi.id – Pengembang Properti, PT Jababeka Tbk (IDX:KIJA) manargetkan marketing sales sebesar Rp2,5 triliun pada tahun 2024. Hal tersebut disampaikan Corporate Secretary KIJA, Muljadi Suganda, dalam keterangan tertulisnya, yang dikutip, Selasa (13/2).

Muljadi merincikan, sebesar Rp1,15 triliun dari target tersebut berasal dari Cikarang & lainnya. “Sebesar Rp750 miliar dari penjualan tanah matang dan bangunan industri di Cikarang, dan Rp400 miliar dari produk residensial dan komersial di Cikarang (termasuk Perusahaan Patungan) dan lainnya),” ujarnya.

“Sementara sisanya sebesar Rp1,35 triliun akan berasal dari perusahaan patungan (JV) di Kendal,”imbuhnya.

Sebagai informasi, KIJA merealisasikan Rp2,21 triliun penjualan pemasaran real estat (marketing sales) untuk tahun 2023, melebihi target Rp2,0 triliun di FY23 sebesar 11%, dan melebihi pencapaian Rp1,72 triliun di FY22 sebesar 29%.

Pada tahun 2023, marketing sales dari Cikarang mencapai Rp913,7 miliar dari lahan seluas 28,0 hektar, terutama berasal dari penjualan tanah matang 26,2 hektar senilai Rp558,3 miliar. Secara total penjualan tanah matang dan bangunan pabrik mencapai Rp612,2 miliar, dimana investor domestik menyumbangkan 52% dari nilai tersebut, sedangkan sisanya 48% berasal dari investor asing (terutama dari China).

Sementara, Kendal menyumbang marketing sales sebesar Rp1,24 triliun yang berasal dari penjualan lahan 84,7 hektar di tahun 2023, meningkat sekitar 68% dibandingkan tahun 2022 sebesar Rp737,2 miliar.

“Di Kendal, investor asing (dari Hong Kong, China, Taiwan, Jerman, Malaysia, India, dan Korea Selatan) mendominasi dengan kontribusi nilai sebesar 81% di tahun 2023, sedangkan investor domestik menyumbangkan sisanya sebesar 19%. Di Kendal, dua penjualan terbesar pada tahun 2023 berasal dari perusahaan karet & plastik dari Hong Kong yang membeli lahan seluas 13 hektar, dan perusahaan baterai lithium dari China yang membeli lahan seluas 12 hektar,” ujarnya. Terakhir, Tanjung Lesung dan produk lainnya menambahkan marketing sales sebesar Rp57,5 miliar pada tahun 2023.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top