Jakarta, Bisabasi.id – Sebagai bagian dari komitmen BUMN dalam mendukung pemberdayaan ekonomi masyarakat lokal, BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia MIND ID melalui PT Bukit Asam Tbk (PTBA), berpartisipasi dalam Karya Nyata Festival Volume 11 yang diselenggarakan di halaman DPRD Provinsi Sumatera Selatan.
Acara ini merupakan bagian dari program Rumah BUMN Sumsel, yang bertujuan untuk membina dan mendampingi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) lokal dalam mengembangkan potensi bisnisnya.
MIND ID Group memiliki peran krusial dalam penyelenggaraan festival ini, terutama dalam mendukung pengembangan UMKM lokal. Hal ini sejalan dengan arahan Menteri BUMN, Erick Thohir, yang menekankan pentingnya tiga prioritas utama dalam Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) BUMN, yaitu pendidikan, lingkungan, dan pengembangan UMKM.
Dalam kontribusinya, Anggota MIND ID PTBA berhasil melakukan penjualan lebih dari 4.215 produk UMK dengan total transaksi lebih dari Rp511 juta.
Angka ini menunjukkan bahwa Karya Nyata Festival menjadi wadah strategis bagi UMKM untuk memasarkan produk mereka dan memperkuat daya saing di pasar lokal maupun nasional.
Corporate Secretary MIND ID Heri Yusuf menyampaikan Karya Nyata Festival ini merupakan perwujudan aktif dari Grup MIND ID dalam mendukung program Rumah BUMN yang konsisten dalam memberdayakan UMK lokal.
“Kami ingin terus memberikan dampak positif pada segmen UMK serta mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif. Kami percaya bahwa melalui pembinaan yang berkelanjutan, UMKM dapat terus berkembang dan memberikan dampak positif bagi perekonomian nasional,” katanya.
Melalui dukungan aktif pada acara ini, MIND ID sekali lagi menunjukkan komitmennya dalam mendukung pemberdayaan ekonomi masyarakat, khususnya di Provinsi Sumatera Selatan.
Rumah BUMN, sebagai program pembinaan UMKM, terus memberikan dampak positif dalam pengembangan usaha kecil yang berkelanjutan, sejalan dengan visi BUMN untuk menjadi penggerak ekonomi lokal yang inklusif dan berkelanjutan.
Festival ini dihadiri lebih dari 6.950 pengunjung yang turut meramaikan beragam acara, termasuk Local Food & Drink Festival, bazar kuliner, bazar kerajinan dan fesyen, serta pameran kreativitas lokal.
Tak hanya itu, terdapat pula talkshow berkelanjutan, expert talk dan business matching, yang memberikan wawasan dan kesempatan bagi para pelaku UMKM untuk memperluas jaringan dan mengembangkan usaha mereka.