Bisa Basi

KAI Pastikan Prasarana Andal Jelang Libur Nataru

Jakarta, bisabasi.id – Dalam rangka menyambut periode Natal 2024 dan Tahun 2025 (Nataru), KAI telah menyiapkan berbagai langkah strategis guna memastikan kenyaman dan keselamatan perjalanan kereta api di seluruh wilayah operasional Divisi Regional maupun Daerah Operasi.

Vice President Public Relations KAI Anne Purba mengatakan KAI berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan selama masa angkutan Natal dan Tahun Baru 2024/2025 terutama dari prasarana kereta api. Prasarana kereta api memeran peranan penting sebagai faktor utama yang memastikan perjalanan kereta berjalan lancar, tepat waktu, dan aman.

“Kami telah mengoptimalkan seluruh sumber daya untuk mendukung kelancaran dan keamananan perjalanan kereta api jelang angkutan Natal dan Tahun Baru. Pada aspek SDM seluruh petugas operasional, termasuk masinis dan asisten masinis telah siap menjalankan standar operasional prosedur. Petugas frontliner termasuk kondektur, prama/prami, dan customer service juga dipastikan memberikan pelayanan dengan sepenuh hati,” kata Anne. (25/11).

Sementara, dari segi fasilitas KAI telah melakukan persiapan secara maksimal, mencakup area stasiun, perjalanan di atas kereta, hingga flow penumpang keluar area stasiun.

“Kebersihan stasiun, ruang tunggu penumpang, toilet, dan kereta terus dijaga demi memberikan kenyamanan bagi pelanggan,” ungkapnya.

Untuk meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api selama periode Nataru, KAI menyiapkan petugas perawatan prasarana yang siap sedia 24 jam untuk mengawal perjalanan KA dan menambahkan personil siaga yang ditempatkan di lokasi prioritas seperti perlintasan tidak terjaga dengan volume lalu lintas tinggi dan daerah pemantauan khusus (Dapsus).

“Petugas prasarana ekstra akan dialokasikan untuk daerah dengan kebutuhan operasional tinggi, sebanyak 777 tenaga tambahan meliputi Penjaga Jalan Lintas (PJL), Petugas Pemeriksa Jalur (PPJ), dan Petugas Dapsus di area Jawa dan Sumatera. Pelatihan intensif telah diberikan juga kepada seluruh petugas pemeriksa dan perawatan untuk meningkatkan keahlian personil di lapangan,” tandas Anne.

KAI mengimbau pelanggan kereta api untuk memanfaatkan layanan informasi resmi dan tidak ragu meminta bantuan kepada petugas jika diperlukan.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top