Bisa Basi

HUT ke-26, Bank Mandiri (BMRI) Salurkan KUR Rp 32,20 Triliun

Jakarta, bisabasi.id – Menyambut usia ke-26, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) semakin mempertegas komitmennya dalam mendukung perkembangan sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sebagai tulang punggung ekonomi nasional, dengan fokus pada penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR).

SEVP Micro & Consumer Finance Bank Mandiri Saptari mengatakan hingga akhir September 2024 realisasi penyaluran KUR Bank Mandiri telah mencapai Rp 32,20 triliun kepada lebih dari 293 ribu pelaku usaha di seluruh Indonesia. Penyaluran KUR tersebut, setara dengan 85,87% dari target KUR tahun 2024 Bank Mandiri.

“Kami berkomitmen untuk terus mendukung mendukung pengembangan UMKM sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia,” ujar Saptari dalam keterangan resmi, Jumat (4/10).

BMRI Berperan Aktif dalam Memperluas Akses Pembiayaan bagi Pelaku Usaha

Saptari menambahkan, penyaluran KUR merupakan wujud komitmen Pemerintah dan Bank Mandiri sebagai lembaga keuangan dalam mendukung pengembangan UMKM. Bank berlogo pita emas ini, juga berperan aktif dalam memperluas akses pembiayaan bagi pelaku usaha di sektor-sektor produktif, melalui layanan yang Adaptif dan Solutif, sesuai dengan tema ulang tahun Bank Mandiri yang ke-26.

“Sampai dengan periode September 2024, penyaluran KUR Bank Mandiri masih didominasi oleh sektor produksi dengan 60,08% atau sebesar Rp 19,34 triliun. Sedangkan sisanya sebesar 39,92% disalurkan ke sektor non produksi khususnya perdagangan sebesar Rp 12,85 triliun,” imbuhnya.

Jika dirinci, sektor Pertanian adalah sektor produksi dengan penyaluran tertinggi sepanjang tahun 2024 yaitu Rp 9,40 triliun atau 29,21% dari total KUR Bank Mandiri.  Lalu disusul sektor Jasa Produksi dengan Rp 6,89 triliun atau sekitar 21,42% dari total penyaluran KUR Bank Mandiri tahun 2024.

Bank Mandiri lanjut Saptari, juga memperkuat fokus pada sektor produksi unggulan di berbagai wilayah, didukung oleh sinergi bisnis dan kolaborasi strategis dengan nasabah wholesale.

BMRI Berkomitmen untuk Memberikan Layanan Holistik ke UMKM

Selain itu, Bank Mandiri juga berkomitmen untuk memberikan layanan yang holistik kepada UMKM dengan menghadirkan Livin’ Merchant. Solusi digital ini membantu bisnis UMKM lebih terkelola dengan baik, mulai dari pencatatan transaksi hingga pengelolaan keuangan yang lebih efisien.

“Penyaluran KUR ini merupakan bagian dari strategi akuisisi berbasis ekosistem dengan pola closed loop yang kami optimalkan melalui value chain nasabah wholesale Bank Mandiri,” tambahnya.

Bank Mandiri juga memperluas akses pembiayaan melalui program referral dan edukasi layanan serta transaksi keuangan melalui Mandiri Agen, yang berperan aktif di ekosistem UMKM. “Kami optimis dapat memenuhi target pemerintah dan terus memperkuat ekonomi kerakyatan di Indonesia melalui pengembangan ekosistem UMKM yang berdaya saing tinggi,” pungkas Saptari.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top